Bagaimana cara memilih obat herbal yang aman

Bagaimana cara memilih obat herbal yang aman ?

Posted on

Ketika Anda memilih obat herbal sebagai pengobatan alternatif, permasalahan lain akan muncul. Yaitu bagaimana cara memilih obat herbal yang aman untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan begitu banyaknya variasi obat herbal yang akan Anda temui dan tidak semua orang akan cocok pada satu obat herbal yang sama. Selain itu jika tidak berhati – hati dalam memilih obat herbal akan berbahaya bagi tubuh Anda. Karena dewasa ini telah banyak ditemukan obat obat herbal yang mengandung bahan kimia dan dapat menimbulkan efek samping negatif yang serius bagi tubuh Anda. Biasanya obat obatan tersebut tidak memiliki izin edar seperti BPOM. Anda harus pandai dalam memilih obat herbal, berikut beberapa hal yang wajib Anda perhatikan ketika mengkonsumsi obat herbal, yaitu :

1. Cek label kemasan

Anda wajib membaca label kemasan saat akan membeli obat herbal. cara memilih obat herbal yang aman yang pertama ini untuk mengetahui kontra indikasi ketika mengkonsumsi obat tersebut, selain  itu larangan ketika mengkonsumsi obat ini juga wajib di pahami. Misalnya alergi apa yang terdapat dalam komposisi obat, bahan aktif apa yang terkandung serta larangan apa saja yang wajib dilakukan setelah mengkonsumsi obat. Membaca label ini juga bermanfaat jika Anda memiliki penyakit  yang membuat Anda dilarang mengkonsumsi makanan tertentu. Misalnya ketika Anda menderita penyakit ginjal atau hati maka wajib menghindari temulawak yang dapat meningkatkan nafsu makan. Karena temulawak memiliki kandungan yang dapat membuat darah encer yang berbahaya jika terjadi pada penderita penyakit hati.

2. Cek kemasan obat herbal

Pastikan Anda membeli obat herbal yang tidak rusak, penyok, berlubang, bocor ataupun berkarat. Pilih obat herbal yang memiliki kemasan yang baik. Cek tanggal produksi dan kadaluarsanya. Pastikan juga didalam kemasan obat herbal terdapat label obat yang lengkap. Cek juga apakah terdapat izin edar dari BPOM. Anda dapat mengecek izin edar obat melalui laman BPOM pada http://cekbpom.pom.go.id untuk memastikan apakah nomor BPOM yang tertera asli atau tidak.

3. Tidak semua orang dapat mengkonsumsi obat herbal

Ketika Anda mendengar orang lain sembuh karena obat herbal, Anda jangan langsung percaya untuk mengkonsumsi obat herbal. Obat herbal ini tidak dapat dikonsumsi oleh semua orang karena sebaiknya obat herbal digunakan untuk menjaga kesehatan, menurunkan resiko terserang penyakit dan sebagai pemulih penyakit. Sebaliknya, untuk penyembuhan penyakit diperlukan diagnosis yang baik dari tenaga ahli seperti dokter dan resep obat yang sesuai.

Baca juga: Distributor Resmi Nasa

Jadi pastikan cara memilih obat herbal yang aman sebelum mengkonsumsi obat herbal agar tidak menimbulkan efek negatif dalam tubuh. Selain itu jangan mengkonsumsi obat herbal yang secara bersamaan juga mengkonsumsi obat kimia karena dapat menimbulkan interaksi dengan senyawa kimia.