Cara menggunakan kamus secara efektif
Cara menggunakan kamus secara efektif

Cara menggunakan kamus secara efektif

Posted on

Alasan menggunakan kamus

Kamus adalah alat yang sangat penting bagi siapa saja yang mempelajari bahasa baru. Dengan kamus yang baik Anda dapat melakukan hal berikut:

  • cari arti kata bahasa Inggris yang Anda lihat atau dengar
  • temukan terjemahan bahasa Inggris dari sebuah kata dalam bahasa Anda
  • periksa ejaan kata
  • periksa bentuk jamak dari kata benda atau bentuk lampau dari kata kerja
  • cari tahu informasi tata bahasa lainnya tentang sebuah kata
  • temukan sinonim atau antonim sebuah kata
  • mencari kolokasi kata
  • periksa bagian pidato kata
  • cari tahu bagaimana cara mengucapkan sepatah kata pun
  • cari tahu tentang daftar kata
  • temukan contoh penggunaan kata dalam bahasa alami

Baca Juga :

Info terlengkap belajar bahasa inggris

Namun, untuk menjadi pengguna kamus yang baik, tidak cukup hanya tahu untuk apa menggunakan kamus. Anda juga harus memutuskan kamus mana yang terbaik untuk tujuan apa pun yang tercantum di atas. Selain itu, Anda harus dapat menemukan apa yang Anda cari dengan cepat. Anda harus yakin bahwa Anda telah menemukan apa yang Anda cari dan yang paling penting, Anda perlu tahu kapan harus menggunakan kamus Anda.

Mengetahui kamus mana yang akan digunakan

Kamus elektronik adalah pilihan terbaik untuk siswa ESL. Sebagian besar berisi ekuivalensi dan penjelasan dalam bahasa asli, serta definisi dan contoh kalimat dalam bahasa Inggris. Mereka dapat mengucapkan kata bahasa Inggris kepada Anda, dan mereka mudah dibawa-bawa. Namun, harganya mahal dan mudah hilang, jadi letakkan namamu di namamu!

Kemungkinan yang lebih murah, jika Anda akan bekerja di depan komputer, adalah menggunakan kamus online. Yang sangat bagus untuk siswa ESL adalah Kamus Bahasa Inggris Kontemporer Longman . Sebagai alternatif, jika Anda membuka Google dan mengetik, misalnya, define: takhayul , Anda akan mendapatkan daftar panjang definisi takhayul yang berbeda .

Kamus monolingual yang baik direkomendasikan untuk siswa yang sudah memiliki standar bahasa Inggris yang tinggi dan ingin belajar tentang penggunaan kata.

Menemukan kata dengan cepat

Ini adalah keterampilan yang perlu Anda latih. Minta seseorang untuk menuliskan 5 kata dan lihat berapa lama Anda menemukannya. Tentu saja, Anda perlu mengetahui alfabet bahasa Inggris dengan sempurna, jadi latihlah juga ini. Gunakan kata-kata panduan di bagian atas setiap halaman kamus; dan terus berlatih sampai Anda dapat menemukan kata apa pun dalam 10 detik. Anda juga harus berlatih menemukan kata-kata dalam bahasa Anda sendiri di kamus dwibahasa Anda. Jika Anda menggunakan kamus elektronik, luangkan waktu di rumah untuk mempelajari cara kerjanya dan, sekali lagi, latihlah menemukan kata dengan cepat.

Menemukan arti yang tepat dari kata bahasa Inggris

Sangat sering ketika Anda mencari kata bahasa Inggris baru, Anda menemukan bahwa kata itu memiliki lebih dari satu makna. Jika Anda tidak yakin yang mana yang benar, inilah yang dapat Anda lakukan:

  • Pertama, periksa semua artinya dan temukan yang paling masuk akal dalam konteks di mana Anda menemukan kata itu. (Sangat sering, banyak arti yang berbeda serupa dan ini harus cukup untuk memberi Anda ide yang baik tentang arti kata itu.)
  • Kedua, jika Anda benar-benar ingin memastikan, pikirkan apa kata itu dalam bahasa Anda sendiri dan cari di kamus bilingual. Jika salah satu terjemahan bahasa Inggris adalah kata asli yang Anda cari, maka Anda dapat merasa puas bahwa Anda telah menemukan makna yang tepat.

Menemukan ejaan yang tepat

Masalah lain yang mungkin Anda miliki adalah ketika Anda ingin memeriksa ejaan Anda tetapi Anda tidak dapat menemukan kata yang Anda cari. 

Menemukan terjemahan bahasa Inggris yang tepat dari sebuah kata dalam bahasa Anda

Ketika Anda mencari kata dalam bahasa Anda sendiri dalam kamus bilingual, Anda mungkin akan menemukan bahwa ada lebih dari satu terjemahan bahasa Inggris. Jika Anda tidak yakin mana yang digunakan, Anda dapat mencoba terjemahan balik . Ini artinya Anda mencari terjemahan bahasa Inggris satu per satu dalam kamus satu bahasa. Jika sebuah kata memiliki definisi yang cocok dengan kata dalam bahasa Anda, Anda aman menggunakannya.

Baca juga :

Tips mudah menghafal kosakata bahasa inggris

Mengetahui kapan harus menggunakan kamus

Jika Anda mencari setiap kata baru yang Anda lihat atau dengar, Anda akan menghabiskan sepanjang hari dengan kamus di tangan Anda. Itu tidak baik! Anda harus pandai dan memilih kata yang tepat untuk diperiksa dan waktu yang tepat untuk melakukannya. Coba ikuti saran di bawah ini dan Anda akan menjadi pembelajar bahasa yang jauh lebih efisien:

  • Ketika Anda menemukan kata baru saat membaca, selesaikan kalimatnya (lebih baik: paragraf). Jika Anda belum menebak maknanya dan sepertinya masih penting, maka Anda dapat mencarinya. Agar tidak terlalu lama mengganggu bacaan Anda, Anda harus menemukan artinya dalam bahasa Anda sendiri menggunakan kamus dwibahasa.
  • Ketika Anda mendengar kata baru di kelas (atau guru telah menuliskannya di papan tulis), tunggu dan lanjutkan mendengarkan. Apa yang dikatakan guru selanjutnya dapat membantu Anda memahami kata tersebut. Jika Anda melihat dalam kamus Anda, Anda tidak akan mendengar apa yang terjadi selanjutnya, dan ini akan membuat pemahaman pelajaran semakin sulit. 
    Jika menurut Anda kata itu sangat penting, Anda dapat menyalinnya dari papan tulis atau menulis bagaimana menurut Anda kata itu dieja. Kemudian nanti Anda bisa bertanya kepada guru atau siswa lain apa artinya.