Geblek Kulon Progo
Geblek Kulon Progo

Geblek Kulon Progo, Makanan Ringan khas Yogyakarta yang Wajib Dicicipi

Posted on

Geblek Kulon Progo adalah salah satu makanan ringan khas Yogyakarta yang sayang untuk dilewatkan. Anda yang sedang berada di kota istimewa Yogyakarta, rasanya kurang lengkap jika Anda tidak mencicipi geblek. Makanan ringan satu ini diproduksi oleh kabupaten Kulon Progo.

Selain membeli geblek, Anda juga bisa berwisata karena Kulon Progo terkenal dengan berbagai destinasi wisatanya yang melimpah. Nah, mau tahu seperti apa proses pembuatan geblek dan di mana saja Anda bisa membelinya? Simak ulasannya di bawah ini.

Cara Membuat Geblek

Saat Anda mendengar kata geblek, pasti Anda bingung seperti apakah makan satu ini? Nama geblek memang tidak begitu terkenal padahal jika Anda sudah melihat bentuknya, pasti Anda akan mengenal makanan satu ini.

Ya, geblek yang merupakan kuliner enak Jogja ini memang bisa dikatakan hampir sama dengan cireng. Kalau berbicara cireng, pasti Anda tidak asing bukan? Cireng adalah makanan khas Jawa Barat yang merupakan singkatan dari aci digoreng.

Baca juga : Taman Pintar Yogyakarta

Nah, geblek Kulon Progo dan cireng ini memang bisa dikatakan jenis makanan yang sama hanya saja yang membedakan kedua makanan ini adalah bentuknya saja. Jika cireng memiliki bentuk bulat pipih, maka geblek memiliki bentuk yang dibuat seperti angka delapan (8).

Namun belakangan ada banyak variasi baru dari bentuk geblek sehingga tidak hanya angka 8 saja. Cara membuat geblek juga hampir sama dengan  cara membuat cireng. Nah, bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan adalah :

  1. Tepung tapioka ½ kg
  2. Tepung terigu ¼ kg
  3. Bawang putih 5 siung
  4. Garam
  5. Penyedap rasa
  6. Minyak goreng
  7. Air secukupnya

Cara membuat geblek khas Kulon Progo :

  1. Rebus air panas ke dalam sebuah panci sampai mendidih
  2. Jika air sudah mendidih, maka masukkan tepung tapioka dan tepung terigu kemudian aduk segera hingga membentuk sebuah adonan.
  3. Jika sudah membentuk adonan, maka matikan kompor dan tiriskan adonan.
  4. Setelah ditiriskan maka bentuk adonan seperti angka delapan.
  5. Jika telah selesai dibentuk dengan angka delapan, maka masukkan ke dalam lemari es selama 20 menit.
  6. Apabila sudah 20 menit, maka keluarkan geblek dan masukkan minyak ke dalam wajan.
  7. Nyalakan kompor dan panaskan minyak, hanya sajja pastikan minyak tidak begitu panas sekali karena jika minyak terlalu panas, gebleg bisa meledak.
  8. Masukkan gebleg ke dalam wajan dan goreng hingga berwarna agak kecokelatan kemudian tiriskan.
  9. Gebleg siap untuk dimakan

Baca juga : Hutan Pinus Jogja

Lokasi Mencari Gebleg

Wisata kuliner Anda di Yogyakarta rasanya memang tidak lengkap jika Anda tidak mencoba geblek ini. Anda bisa menemukan tempat-tempat yang menjual geblek dengan beberapa alamat di bawah ini :

  • Omah Geblek Kulon Progo

Omah Geblek Kulon Progo buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 21.00 WIB. Anda bisa menemukannya di Kenteng, Kembang, Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

  • Geblek Pari Nanggulan Kulonprogo Yogyakarta

Geblek Pari Nanggulan Kulonprogo Yogyakarta buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 20.30 WIB. Anda bisa menemukannya di Pronosutan, Kembang, Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55671

  • Geblek Tempe Bu Parmo

Geblek Tempe Bu Parmo buka setiap hari mulai pukul 14.00 – 19.00 WIB. Anda bisa menemukannya di Kepek, Pengasih, Kec. Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sayang kan jika sudah berada di Yogyakarta tapi tidak menikmati makanan ringan berupa geblek Kulon Progo ini?