jasa desain arsitek

Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Jasa Desain Arsitek

Posted on
Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Jasa Desain Arsitek – Saat Anda memiliki keinginan untuk membangun atau mendirikan suatu bangunan, maka sebelumnya Anda harus memiliki persiapan yang matang agar tercipta bangunan yang ideal sesuai harapan.
 
Salah satunya adalah dengan menggunakan jasa desain arsitek. Anda bisa berkonsultasi tentang desain dan struktur bangunan terlebih dahulu dengan para ahli perancang desain bangunan yang tak lain adalah seorang arsitek.
 
Perhitungan Biaya Desain

Di negara Indonesia, ada dua jenis cara dalam menentukan besaran biaya jasa desain yaitu hitungan per meter persegi dan hitungan persentase dari Rancangan Biaya Anggaran (RAB) total bangunan.
 
Besaran biaya jasa desain arsitek menurut hitungan per meter berkisar antara Rp100.000,- hingga Rp1.000.000,- per meternya. Perbedaan harga tergantung pengalaman dan kemampuan sang arsitek.
 
Sedangkan besaran biaya jasa desain menurut persentase RAB ini macamnya berbeda-beda tergantung pada kategori bangunan yang dikerjakan dan sesuai standar minimal biaya desain yang berlaku dari website resmi Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI).
 
Hal Penting Sebelum Memilih Jasa Desain Arsitek

Jasa arsitek memang diperlukan dalam mendesain dan membangun suatu hunian agar lebih terstruktur dan membuat penghuninya nyaman dan aman.  Para arsitek akan memberi saran tentang komposisi material, desain detil tiap ruangan hingga nominal jumlah biaya total pembangunan kepada para pengguna jasanya.
 
Meski keberadaannya sangat diperlukan, tapi Anda tak boleh asal-asalan memilih jasa desain arsitek. Pertama, cermati tarifnya. Tarif arsitek biasanya dibedakan menurut beberapa aspek seperti jam konsultasi, luas bangunan, jenis bangunan, hingga persentase biaya konstruksi.
 
Kedua, carilah arsitek yang tergabung dalam suatu asosiasi resmi agar penentuan tarif biayanya lebih transparan. Apabila ada masalah, Anda pun bisa meminta bantuan dari asosiasi tersebut.
 
Ketiga, Anda bisa mengajukan revisi setelah melihat hasil desain yang dibuat oleh arsitek. Ketika Anda menggunakan jasa desain arsitek bukan berarti sepenuhnya Anda pasrah dengan hasil yang ia buat.
 
Anda punya hak untuk memberi masukan karena nantinya bangunan ini untuk kenyamanan Anda bukan hunian untuk si arsitek. Jadi tak ada salahnya sampaikan semua keinginan agar terjalin kesepakatan dan supaya hunian yang Anda inginkan bisa terwujud dengan baik.

Baca juga: jasa desain arsitek Makassar
 
Keempat, langkah selanjutnya setelah menyetujui desain yakni menyetujui kontrak kerja. Anda wajib membaca kontrak kerja ini dengan cermat sebab di dalam perjanjian tersebut nantinya akan diatur besaran biaya jasa arsitek berikut poin-poin hak dan kewajiban masing-masing pihak.
 
Kelima, pada umumnya jasa desain arsitek akan mencarikan kontraktor untuk proyek pembangunan rumah atau hunian Anda karena mereka sudah punya jaringan bisnis sendiri. Tugas Anda adalah lihat rekam jejak hasil proyek pembangunan yang telah dikerjakan. Diskusikan juga besaran biayanya jika sepaket arsitek plus kontraktor, barangkali bisa lebih murah.
 
Meskipun Anda sudah mempercayakan proses pengerjaan kepada arsitek dan kontraktor, Anda juga harus tetap rajin menengok atau berkunjung sekaligus  mengawasi proses pembangunan.
 
Dengan berkunjung ke lokasi proyek pembangunan, selain memastikan semuanya berjalan lancar, Anda juga bisa berbincang-bincang dengan para pekerja proyek tentang proses pembangunan dan sebagainya. Anda juga bisa kroscek harga material guna mengantisipasi mark up harga.
 
Jasa desain arsitek memang sangat memudahkan banyak orang dalam mewujudkan hunian atau bangunan yang sesuai dengan keinginan para pengguna jasanya dipadu dengan ilmu arsitektur sehingga hunian tersebut menjadi menarik dan nyaman serta kokoh.