bayam

Kandungan Gizi Pada Bayam

Posted on

Bayam (Spinacia Oleracea) merupakan sayuran hijau yang terkenal di manca negara karena kandungan nutrisinya. Bayam dikonsumsi berupa sup dan lalapan. Bayam berasal dari Persia, lalu meneyabr ke Eropa dan Asia. bayam kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. bayam memiliki kandungan riboflavin, tiamin, Vitamin K, Vitamin C (asam askorbat), Vitamin B6 (pyrodoxamine), Vitamin A (retinol), Vitamin B3 (Niasin), asam folat, kalsium, zat besi, seng, kalium, magnesium dan lain lain. Selain kandungan tersebut, bayam juga rendah akan kalori dan lemak.

Sebuah penelitian yang dilakukan di London pada tahun 2013 menyatakan bahwa bayam kaya akan xanthene, lutein serta beta karoten yang di percaya mampu meningkatkan kesehatan mata. Sifat nati inflamasi yeng terdapat pada bayam juga mampu mencegah pembengkakan pada mata. Selain itu, senyawa zeaxanthin dan lutein pada bayam juga bersifat anti oksidan sehingga mata dapat terhindar dari sinar ultra violet.

Seorang dosen di Amerika Serikat mengatakan bahwa kandungan asam folat yang terdapat pada bayam juga dapat mencegah penyakit Alzheimer. Kandungan kalsium nya juga mampu meningkatkan kecerdasan otak, melancarkan aliran darah serta menguatkan tulang. Vitamin K yang terdapatdi dalam bayam juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Anti oksidan yang terdapat di dalam bayam seperti Factor Coenzyme-Q (C0-Q10) juga memiliki peran dalam memperkuat otot, sehingga dapat mencegah jantung koroner dan tekanan darah tinggi. Bayam juga bisa memelihara selaput lendir lambung.

Salah satu produk Melilea, yaitu Greenfield Organic juga menyajikan ekstrak bayam alami, yang dicampurkan dengan buah dan sayur lainnya.kandungan bayam yang terdapat pada Melilea Greenfield Organic berasal dari pertanian organic yang di kelola dengan cara yang modern sehingga di pastikan kandungan vitamin nya akan tetap terjaga.

Senyawa lutein yang terdapat di dalam bayam ini terbukti dapat mencegah dan mengatasi penyakit aterosklerosis, gangguan jantung dan stroke. Bayam juga dapat membantu dalam perkembangan janin dalam kandungan. Hal ini karena bayam memiliki kandungan asam folat yang sangat baik bagi perkembangan janin. Kandungan vitamin A nya juga baik untuk ibu menyusui. Karena vitamin A pada bayam di percaya mampu melancarkan Air Susu Ibu (ASI).

Bayam juga memiliki kandungan protein, serat, vitamin B 12, vitamin D dan lain sebagainya. bayam juga memiliki manfaat untuk mencegah diabetes, meningkatkan nafsu makan, mencegah pegal linu, mengatasi insomnia, mengatasi anemia, menghilangtkan sakit kepala, menurunkan demam, mengatasi asam urat serta masih banyak lagi manfaat sayur bayam untuk kesehatan tubuh.