khasiat buah nanas

Manfaat Buah Nanas

Posted on

Penasaran Apa Saja Manfaat Buah Nanas? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Ada beragam jenis buah yang dapat dijadikan konsumsi harian. Salah satunya adalah buah nanas. Selain memiliki rasa yang khas, buah ini memiliki banyak kegunaan. Manfaat buah nanas tidak hanya menyegarkan, namun juga untuk kesehatan tubuh.

Aneka Manfaat Terbaik Buah Nanas untuk Kesehatan Anda

Buah nanas banyak mengandung serat, vitamin A, C, beta karoten, bromelain, senyawa flavonoid, mangan dan sebagainya.  Berbagai kandungan tersebut memberikan manfaat tersendiri. Beberapa adalah manfaat buah nanas bagi tubuh.

  1. Hilangkan jerawat

Enzim anti inflamasi yang terkandung dalam buah nanas dapat membantu menyembuhkan peradangan pada kulit yang berjerawat. Bagi Anda yang memiliki jerawat, maka disarankan untuk mengkonsumsi buah nanas.

  1. Menjaga kesehatan Tulang

Kandungan mangan yang terdapat dalam buah nanas dapat memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan tulang. Di antaranya adalah dapat memperkuat, memperbaiki dan membantu sistem pertumbuhan tulang.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Dalam buah nanas terdapat enzim bromelain yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan luka. Untuk itu, bagi Anda yang sedang dalam proses penyembuhan luka sebaiknya banyak mengkonsumsi buah nanas.

  1. Melancarkan Pencernaan

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan pencernaan, mengkonsumsi nanas dapat menjadi alternatif. Kandungan serat yang tinggi dapat melindungi pencernaan dari berbagai masalah pencernaan.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Anda dapat mengkonsumsi nanas. Vitamin C yang terkandung dalam buah nanas dapat membantu dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu, vitamin C juga dapat melindungi resiko serangan radikal bebas.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Dalam sebuah penelitian dapat ketahui bahwa salah satu manfaat buah nanas adalah dapat membantu dalam menjaga kesehatan mata Anda dan juga dapat mencegah resiko kerabunan mata.

  1. Mencegah Rambut Rontok

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan rambut rontok, buah nanas bisa menjadi salah satu cara dalam mengatasinya. Dengan mengkonsumsinya secara rutin maka masalah kerontokan rambut akan dapat teratasi.

  1. Menjaga Sirkulasi Darah

Kandungan mineral tembaga yang ada dalam buah nanas dapat meningkatkan produksi darah merah. Hal ini dapat memaksimalkan jumlah oksigen yang akan di salurkan ke organ tubuh sehingga  fungsi organ dapat berjalan optimal.

  1. Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

Masalah yang sering dialami oleh sebagian besar wanita adalah kaki yang pecah-pecah. Cara untuk mengatasi kaki pecah-pecah sangat mudah, hanya dengan menggosokkan kulit nanas ke telapak kaki, maka kulit kaki Anda akan menjadi halus.

  1. Mencegah Kanker

Manfaat jus buah nanas selanjutnya adalah sebagai anti kanker. Vitamin A, vitamin C, beta karoten, bromelain senyawa flavonoid dan mangan yang terkandung didalamnya dapat mencegah terjadinya kanker.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Jantung merupakan organ yang sangat utama bagi tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi nanas, resiko terkena jantung koroner dapat diminimalisir. Hal ini disebabkan karena tingginya kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah nanas.

  1. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Untuk mempertahankan tekanan darah agar tetap normal, Anda dapat menggunakan nanas. Dengan mengkonsumsinya secara teratur maka tekanan darah dapat tetap normal. Hal ini karena rendahnya kandungan natrium dan tingginya kandungan kalium di dalamnya.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan mangan yang terdapat dalam buah nanas dapat membantu dalam mengurangi kerusakan akibat sinar UV . Untuk yang ingin mendapatkan kulit sehat, Anda bisa konsumsi nanas secara rutin.

Setelah mengetahui berbagai manfaat buah nanas, masihkah anda mengabaikannya? Mulai sekarang mulailah mengkonsumsi buah ini secara rutin. Akan tetapi, jangan berlebihan agar tidak menyebabkan masalah pada pencernaan lintar media.