Manfaat Kesehatan Dari Cranberri

Posted on

Cranberry merupakan buah asli Amerika Utara. Sekarangm buah cranberry tumbuh di 58.000 hektar lahan pertanian di seluruh Amerika Serikat bagian utara, chili dan kanada. Banyak yang menyebutkan bahwa cranberry merupakan buah yang snagat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena memiliki akdnungan anti oksidan yang tinggi. Semua ahli kesehatan dan nutrisi merekomendasikan diet menggunakan cranberry. Secara historis, penduduk asli Amerika menggunakan cranberry untuk pengobatan penyakit kandung kemih dan ginjal, sedangkan di inggris di gunakan untuk meningkatkan nafsu makan, mengatasi sakit perut, penyakit darah dan penyakit kudis.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa cranberry dapat membantu mencegah infeksi, mengurangi risiko peyakit kronis serta mencegah kerusakan oksidatif akibat reaksi radikal bebas.

cranberry memiliki kandungan 25 kkal, 0,25 gram protein, 0,07 gram lemak, 6,6 gram karbohidrat termasuk 2,35 gram gula alami, 2 gram serat, 4,4 mili gram kalsium, 0,12 mili gram zat besi, 3,3 mili gram magnesium, 6 mili gram fosfor, 44 mili gram kalium, 1,1 mili gram natrium, 0,05 mili gram seng, 7,7 mili gram vitamin C, 0,5 mikro gram DFE folat, 35 IU vitamin A, 0,72 mili gram vitamin E, 2,75 mikro gram vitamin K, vitamin B1 (thiamin), vitamin B2 (riboflavin, vitamin B3 (niasin), vitamin B6, vitamin C dan lain sebagainya.

Hal ini memicu cranberry untuk di jadikan sebagai suplemen makanan. Tak sedikit perusahaan di Indonesia yang akhirnya menciptakan produk dari herba ini. Salah satunya adalah Melilea Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan ini pun turut menciptakan produk kesehatan dari cranberry, yaitu Apple Orchard Melilea.

Selain cranberry, Apple Orchard Melilea juga mengandung bahan dasar apel hijau, lemon, rose hip dan lain sebaginya. Produk ini di ciptakan sebagai suplemen makanan untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Produk ini cukup popular di kalangan masyarakt dengan harga yang terjangkau.

Vitamin C yang terdapat di dalam cranberry dapat memabntu memblokir kerusakan yang diseabbkan oleh radikal bebas, meningkatkan penyerapan zat besi, meningkatkan system kekebalan tubuh, meningkatkan produksi kolagen untuk penyembuhan luka.

Vitamin E dan anti oksidan yang terdapat pada cranberry juga berperan dalam memeliahra fungsi kekebalan tubuh. Senyawa tersebut dapat mengatasi penaykt ajntung, kanker, katarak, Alzheimer dan radang sendi.

Dengan kandungan nutrisinya yang melimpah, cranberry memiliki manfaat yang banyak pula. Manfaat cranberry untuk kesehatan tubuh, rambut dan kulit antara lain;

  • Mencegah tanda tanda penuaan

Seiring bertambahnya usia, radikal bebas terakumulasi dalam tubuh. Radikal bebas menyebabkan kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan kanker, diabetes, penyakit jantung, penyakit organ pencernaan, tanda tanda poenuaan, penyakit saluran kemih dan lain sebagainya. Cranberry memiliki kandungan anti oksidan  yang tinggi, sehingga dapat membantu mencegah maslah di atas, termasuk munculnya tanda tanda penuaan. Sebuah penelitian yang di lakukan pada tahun 2011 menunjukkan bahwa bahan kimia yang terdapat di dalam cranberry dapat memberikan agen anti oksidan yang lebih baik di bandingkan pH yang lebih rendah. Cranberry efktif dalam menghilangkan garis halus dan noda hitam pada wajah, mencerahkan dan memutihkan kulit serta membuat kulit terasa lebih halus.

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa cranberry dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Cranberry kaya akan polifenol yang efektif dalam mendukung kesehatan jantung. Sebuah sttudi yang dilakukan pada 2011 dengan peserta yang seluruhnya wanita pengidap sindrom metabolic menemukan bahwa cranberry dapat membantu meningkatkan anti oksidan dalam plasma darah. Orang yang mengkonsumsi cranberry juga memiliki lipoprotein sensitas rendah (LDL / kolesterol jahat) yang lebih rendah. Penelitian yang di lakukan pada tahun 2011 membuktikan bahwa cranberry dapat membantu meningkatkan kesehatan pada penderita jantung koroner. Cranberry juga dapat membantu rata rata kecepatan gelombang andi arteri karotis femoral, yang merupakan cara untuk mengukur kekakuan arteri, berkurang.

  • Membantu mencegah infeksi saluran kemih

Sifat anti bakteri yang terdapat di dalam cranberry terukti mampu menurunkan risiko infeksi saluran kemih berdasarkan penelitian pada tahun 2017 di frontiers in microbiology. Hal ini karena sifat anti bakteri tersebut dapat membantu menghancurkan bakteri e coli penyebab infeksi saluran kemih. Sebuah penelitian yang di lakukan pada tahun 2016 menunjukan bahwa cranberry efektif dalam mengatasi infeksi pada saluran kemih. Penelitan yang dilakukan pada tahun 2014 dengan 516 peserta menemukan bahwa mengkonsumsi cranberry secara teratur dapat membantu mengurangi risiko infeksi saluran kemih. Kandungan proanthocyanidins anti oksidan (PAC) yang tinggi pada cranberry dapat membantu mencegah bakteri tertentu menempel pada dinding saluran kemih.

  • Meningkatkan kesehatan system pencernaan

Kandungan phytochemical yang terdapat di dalam cranberry memiliki peran penting dalam kesehatan system pencernaan. Studi yang di lakukan pada tahun 2018 dalam jurnal ilmu pangan dan pertanian menyebutkan dalam laporannya bahwa cranberry efektif dalam membunuh bakteri h pylori yang dapat merusak organ pencernaan

  • Mencegah infeksi

Penelitian membuktikan bahwa cranberry dapat menghamabt pertumbuhan mikroba bakteri. Sebuah studi pada tahun 2011 menemukan  bahwa cranberry daapt menghambat pertumbuhan tujuh mikroba bakteri. Berdasarkan penelitian lain pada tahun 2010 menemukan bahwa cranberry efektif dalam melawan virus termasuk norovirus, virus yang menular melalui makanan.

  • Meningkatkan kesehatan pasca menopause

Risiko penyakit jantung meningkat setelah menopause. Sebuah penelitian pada tahun 2013 menunjukan bahwa mengkonsumsi cranberry dapat mengurangi kadar klesterol dalam tubuh, hal ini sangat bermanfaat bagi wanita setelah menopause.

  • Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Beberapa penelitian menunjukan bahwa polifenol yang terdapat di dalam cranberry dapat membantu mengurangi risiko penyakit cardiovascular disease (CVD). Sebuah tijauan sistematis pada tahun 2019 menemukan bahwa cranberry dapat  membantu mengurangi risiko cardiovascular disease (CVD). Tinjauan tersebut juga menemukan bahwa suplemen cranberry dapat membantu mengurangi  body mass index (BMI / indeks massa tubuh serta meningkatkan jumlah high density lipoprotein (HDL) / kolesterol baik. Sebuah penelitian pada 78 peserta yang neniliki kelebihan berat badan (obesitas) mengungkapkanj bahwa mengkonsumsi cranberry dapat membantu memelihara kadar gula darah dalam tubuh dan meningkatkan jumlah high density lipoprotein (HDL) / kolesterol baik.

  • Mencegah kanker

Sebuah studi yang di lakukan pada tahun 2016 dari 34 studi praklinis menunjukkan bahwa cranberry memiliki efek menguntungkan pada sel kanker dalam tabung reaksi, di antaranya;

  • Mengurangi terjadinya peradangan
  • Memperlambat pertumbuhan sel kanker
  • Menghancurkan sel kanker

Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa cranberry dapat mempengaruhi beberapa mekanisme lain yang mendorong pertumbuhan dan penyebaran kanker.

  • Meningkatkan kesehatan mulut

proanthocyanidins anti oksidan yang terdaapt di dalam cranberry juga bermanfaat untuk kesehatan mulut. proanthocyanidins anti oksidan akan mencegah vakteri mengikat ke permukaan gigi, Menurut peneliti di pusat biologi lisan dan departemen kedokteran gigi eastman di University of Rochester Medical Center di New York