Peluang Usaha Bagi Pemula
Peluang Usaha Bagi Pemula

Rekomendasi Bisnis Pemula

Posted on

Bisnis Katering

Kamu punya keahlian memasak dan dapat mempersiapkan makanan dalam jumlah banyak, maka kamu dapat membuka usaha yang satu ini. Usaha yang menjanjikan ini biasanya menarik perhatian mereka yang ingin mengadakan pesta besar, seperti pesta pernikahan, ulang tahun, dan lain-lain.

Kamu hanya perlu menyediakan berbagai bahan-bahan pokok, seperti beras, sayur-sayuran, tepung, telur, gula, minyak goreng dan berbagai bahan pokok lainnya.

Bisnis Fotocopy

Ide usaha ini sangat cocok untuk Anda yang berada di kawasan kampus atau perkantoran. Anda tidak perlu membukanya sepanjang hari, bisa sewaktu Anda senggang. Anda pula menerima pesanan terlebih dahulu lalu kemudian memberikan hasil fotokopi atau printnya. Goal pasaran Anda merupakan mahasiswa ataupun mahasiswi jadi jangan menagihkan biaya yang sangat mahal karena Anda membuka usaha kecil-kecilan saja.

Selain printing dan fotokopi Anda pula dapat melakukan layanan jilid buku, bila Anda merasa dapat menanginya sekaligus.

Anda tidak perlu memiliki mesin fotokopi yang tremendous canggih untuk memulai bisnis ini. Anda hanya memerlukan mesin printer yang memiliki fitur fotokopi dan scanning dengan harga sekitar Rp 2 jutaan. Kemudian Anda memerlukan kertas A4 untuk print dan fotokopi. Selain itu tidak ada modal lain yang Anda perlukan.

Kursus Bimbingan Mata Pelajaran Sekolah

Mata pelajaran siswa sekolah saat ini telah bisa banyak dan jam belajar mereka pun tak sama seperti sepuluh tahun lalu. Bisa melelahkan. Apalagi saat mereka akan menghadapi ujian akhir.

Tak jarang siswa banyak yang kurang paham dengan ajaran guru mereka. Jika kamu punya pengetahuan mumpuni dalam mata pelajaran yang diajarkan di sekolah, kamu dapat membuka usaha di bidang ini.

Tak berbeda jauh dengan kursus bahasa asing, yang dibutuhkan hanya keterampilan namun keterampilan dalam mata pelajaran sekolah, seperti IPA, Matematika, IPS, dan lain-lain.

Market

Usaha sampingan yang satu ini lebih fokus pada tingkat pemasaran. Menjual produk di market memberikan Anda peluang lebih tinggi untuk menemukan pelanggan. Hal ini karena jumlah pengunjung market tersebut sebagian besar adalah potensial pembeli yang membutuhkan sesuatu.

Jual beli melalui platform market telah berkembang luar biasa di 5 tahun terakhir ini. Beberapa contoh market ternama di Indonesia adalah Tokopedia, OLX, Bukalapak, Kaskus FJB. Dengan salah satu platform tersebut Anda dapat menjual produk apapun dengan sederhana dan praktis. Apabila Anda memiliki keterampilan untuk menghasilkan produk tertentu, seperti yang dijelaskan sebelumnya aksesoris wanita.

Kursus Bahasa Asing

Pada period globalisasi ini semua dapat saling berhubungan. Tak dibatasi oleh laut dan negara. Bahasa asing menjadi bisa penting.

Jika kamu dapat berbahasa asing, baik Bahasa Inggris ataupun lainnya, kamu dapat membagi keterampilanmu dengan orang lain. Caranya dengan membuka tempat kursus bahasa asing. Kamu dapat membuka usaha kecil ini di rumah sendiri atau kamu dapat mendatangi tempat tinggal murid kamu.

Makelar Properti Syariah

Aset yang tidak pernah mengalami depresiasi atau penurunan nilai harga adalah properti. Baik itu rumah, apartemen ataupun ruko, semua jenis properti ini secara umum akan memiliki harga jual yang meningkat seiring dengan waktu. Oleh sebab itu pasar properti merupakan sesuatu yang akan selalu hangat. Kecuali pada masa resesi dimana rakyat tidak memiliki uang untuk membeli properti sehingga permintaan rendah.

Anda dapat mengambil kesempatan dari pasar properti dengan menjadi makelar properti. Anda hanya perlu mencari informasi tentang perusahaan agen properti yang menerima agen lepas. Kemudian Anda dapat mempelajari sistem komisi dan bonusnya, tentunya Anda pula perlu memahami tentang properti. Setelah memperoleh informasi tentang properti Anda dapat memulai mencoba untuk menjual properti kepada kenalan Anda untuk tahap awal.

Beternak Kroto

Keberadaan semut rang rang atau kroto saat di alam liar telah semakin sedikit. Tapi kebutuhan telur kroto ini malah meningkat. Untuk apa? Untuk pakan burung, ikan hingga umpan pancing.

Karena kebutuhan telur rang rang yang terus meningkat, maka muncullah peluang usaha kecil, meski banyak yang melakukannya di desa. Yakni budidaya kroto.

Caranya dengan membuat kandang kroto dari rak dan toples.

Harga telur kroto sangat bervariasi, tergantung dari lokasi tempat tinggal kamu. Untuk mendapatkan harga yang pasti, kamu hanya perlu datangi toko burung atau toko yang menjual aneka makanan burung untuk menanyakan harga tampung telur kroto tersebut.

Membuat Weblog

Bisnis sampingan satu ini dapat dikatakan tidak memerlukan modal sama sekali. Memulai running a blog merupakan cara termurah untuk Anda mendapatkan uang saku tambahan. Satu kelemahannya hanya terletak pada waktu.

Untuk memulai weblog, Anda dapat pakai platform weblog gratisan blogspot.com. Kemudian Anda dapat memulai mengisi weblog dengan konten atau tulisan dari Anda. Tulisan ini dapat berupa artikel yang informatif atau pengalaman tentang hidup Anda yang berguna bagi pembaca.

Dengan demikian pengunjung yang menemukan weblog Anda akan tetap mengunjungi weblog Anda dan tertarik dengan informasi yang Anda berikan. Saat Anda baru memiliki weblog mungkin Anda akan mengalami kesusahan dalam mencari pengunjung. Tetapi Anda dapat memulainya dengan mengpromosikan weblog Anda ke sosial media atau teman-teman Anda.

Ternyta masih ada cara lain untuk menghasilkan uang dari blog. Dengan menjual produk yang sudah laris menjadi penunjang dan mempercepat bisnis Anda. Salah satu cara yang ampuh dengan menjadi reseller Armoura. Perlu Anda ketahui bahwa armoura sudah dikenal oleh banyak wanita indonesia, sehingga lebih mudah dalam menjualnya.

Jasa Design Grafis

Tidak semua orang memiliki keahlian ini, tetapi jika Anda bekerja di bidang desain grafis atau memiliki keterampilan dalam menciptakan desain grafis maka Anda dapat menghasilkan uang lebih. Sistemnya sama dengan pekerja lepas. Anda dapat mencari klien melalui beberapa web site desain di Indonesia seperti Sribu.com dan Tasks.co.id. Anda pula dapat pakai web site inggris untuk pasar internasional dengan tariff lebih tinggi seperti 99designs.com, Elance.com, dan Upwork.com (dulu bernama Odesk.com).

Dari website-website itu, Anda mungkin dapat pekerjaan untuk desain kartu nama, emblem perusahaan, gambar di baju, maskot, poster, sales space, inside dan banyak lagi. Per kerjaan ini memiliki bayaran yang bervariasi tergantung dengan persetujuan antara Anda dan klien. Modal yang Anda perlukan untuk memulai usaha sampingan ini adalah keahlian Anda dalam membuat desain grafis, koneksi web dan komputer.

Menjual Foto di Web

ika Anda suka fotografi maka Anda pula dapat memulai menjadikannya sebagai sumber penghasilan. Caranya dengan menjual foto on-line. Anda dapat mendaftarkan diri ke web site penjualan foto seperti Istockphoto.com dan ShutterStock.com. Kemudian mengupload foto Anda. Jika ada pengunjung yang ingin membeli foto Anda maka Anda akan mendapatkan komisi.

Untuk Istockphoto komisinya adalah 15% per foto dan ShutterStock 20-30% per foto. agar mendapatkan komisi itu dengan sederhana Anda dapat membuat akun di PayPal, sehingga situs-situs tersebut dapat mengirimkannya lewat PayPal.

Usaha Ikan Hias

Jika kamu suka memelihara ikan hias, kamu dapat berbisnis ikan hias dengan memanfaatkan aquarium di rumah atau kolam, jika ada.Usaha kecil ini tidak membutuhkan lahan yang luas.

Agar lebih sukses, selain mempelajari teknik pemeliharaan ikan hias, kamu pula perlu mempelajari teknik pemijahannya.

Ikan hias itu banyak jenis sehingga kamu perlu fokus pada beberapa jenis, atau satu jenis saja, agar kamu tak pusing memeliharanya. Pelihara yang menurut kamu tengah populer di masyarakat.