Sejarah kampung inggris
Sejarah kampung inggris

Sejarah kampung inggris

Posted on

Sejarah kampung inggris pare diawali oleh seorang pioner yang berasal dari pulau Kalimantan yang bernama Mr. Kallend Osen. Beliau adalah pendiri lembaga pertama di kampung inggris BEC (Basic English Course). Tidak terbayang bagaimana cara beliau membangun kampung inggris sehingga saat ini hampir semua orang di indonesia mengenal kampung inggris.

Kampung inggris terletak di dua desa di kecamatan pare kabupaten kediri jawa timur. Kedua desa tersebut sangat sejuk dan jauh dari keramaian kota, nama dari kedua desa tersebut adalah desa Pelem dan desa Tulungrejo, namun lebih terkenal dengan nama kampung inggris.

Berawal Dari Mimpi (Terbentuklah Sejarah Kampung Inggris Pare)

Mungkin kisah ini sudah tidak asing bagi masyarakat di kampung inggris dimana hari bersejarah lahir dari seorang pemuda yang berasal dari pulau Kalimantan. Alkisah ada seorang pemudah yang belajar di pondok pesanter Gontor di Ponorogo Jawa Timur. Pemuda tersebut bernama Kallend Osen, beliau belajar di pondok pesantren Gontor dan mengalami sedikit masalah dengan biaya. Namun beliau tidak berhenti sampai disitu. Beliau mendengar bahwa ada seorang ustad bernama Ustad Ahmad Yazid di kecamatan pare yang menguasai 9 bahasa asing dan salah satunya adalah bahasa inggris.

Tanpa berlama-lama Mr. Kallend keluar dari pondok pesantren Gontor dan berangkat ke pare untuk menimba ilmu di Ustad Yasid. Sekitar 5 bulan pak Kallend belajar dengan tekun.

Suatu hari Ustad Ahmad Yazid pergi ke Majalenka untuk urusan tertentu dan kebetulan ada dua mahasiswa UIN sunan Ampel Surabaya datang ingin belajar bahasa inggris dengan Ustad Ahmad Yazid dalam rangka untuk memenuhi ujian negara di sekolahnya. Namun sebelum ustad Yazid pergi ke Majalenka beliau berpesan kepada istrinya kalau misalkan ada tamu dan tamu tersebut hendak belajar bahasa inggris beliau menyarankan Mr. Kallend yang menghandle.

Atas pesan dari ustad Ahmad Yazid, Mr. Kallend mengajari bahasa inggris kepada kedua tamu tersebut dan alhasil kedua tamu tersebut mendapat nilai yang gemilang di ujian negaranya. Dari situlah tersebar kabar kalau di kecamatan pare terdapat tempat belajar bahasa inggris yang bagus.

Seiring berjalannya waktu Mr. Kallend mendirikan lembaga pertama di kampung inggris yaitu BEC (Basic English Course) dan melahirkan banyak alumni yang tersebar luas di deseluruh indonesia dan mungkin dunia. Sebagian dari alumni mendapat instruksi dari Mr. Kallend untuk mendirikan lembaga bahasa inggris di kampung inggris karena semakin banyak peminat yang ingin belajar bahasa inggris yang datang dari berbagai daerah di Indonesia bahkan mancanegara.

Hingga saat ini lebih dari 100 lembaga kusrus bahasa inggris berdiri di kampung inggris dan siap mengembangkan kemampuan bahasa inggris kalian yang datang belajar.

Itulah sepercik sejarah kampung inggris yang sudah di cetuskan oleh seorang pemuda yang sangat jenius nan bijaksana.

Keuntungan Warga Sekitar Kampung Inggris

Dengan terbciptanya kampung inggris banyak sekali pihak yang di untungkan salah satunya adalah warga dari kedua desa. Mereka bisa membuka usaha baru yang sangat di butuhkan oleh pelajar yang sedang menuntut ilmu di kampung inggris. seperti contoh :

  1. Warung makan
  2. Toko buku
  3. Laundry
  4. Sewa sepeda
  5. Travel

Dan masih banyak peluang usaha lain yang bisa menguntungkan warga sekitar kampung inggris pare.

Itulah cerita singkat atau sejarah kampung inggris pare. Apa kalian tertarik belajar di kampung inggris pare? Sebelum belajar sangat penting untuk mengetahui sejarah dari kampung inggris pare karena mungkin ketika kalian pulang ada beberapa orang juga yang penasaran dan menanyakan hal tersebut kepada kalian sebagai alumni kampung inggris pare.