Umbul Nilo
Umbul Nilo

Tempat Wisata Umbul Nilo yang Berada Di Pinggir Sawah

Posted on

Jika Anda menyukai tempat wisata dengan nuansa alami, tentu tempat wisata Umbul Nilo ini bisa menjadi tujuan wisata akhir pekan Anda. Umbul Nilo berada di pinggir sawah dan pinggir kali, serta Anda bisa melihat pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dari tempat wisata ini.

Umbul Nilo memiliki kolam hanya satu saja dan hanya memiliki kedalaman satu meter. Sehingga sangat cocok sekali untuk Anda yang mau berenang tapi takut kelelep alias tenggelam. Umbul Nilo ini masih dimanfaatkan warga sekitar untuk mencuci pakaian maupun kendaraan dari pinggir umbul. Jadi buat Anda yang punya kulit sensitif lebih baik tidak berenang di Umbul Nilo.

Layaknya umbul lainnya, Umbul Nilo memiliki mata air yang berasal dari tanah. Sehingga membuat kolam ini terlihat sangat jernih sekali, maka dari itu banyak wisatawan yang mencoba berfoto didalam air. Walaupun kolam disini cetek hanya satu meter, Anda bisa berenang dengan puas karena terdapat beberapa fasilitas yang ada. Mulai dari penyewaan ban untuk anak-anak, warung makan di pinggir kolam yang bisa Anda beli sambil berenang, toilet yang lumayan banyak namun tidak begitu bersih, hingga masjid yang tidak jauh dari lokasi umbul ini.

Jika Anda hendak menuju ke lokasi Umbul Nilo, letaknya memang agak masuk ke lingkungan pedesaan yang ramai. Sehingga Anda perlu masuk ke gang-gang kecil agar dapat menuju ke lokasi umbul ini. Disini juga biasanya banyak wisatawan luar kota yang berlibur, mulai dari yang naik kendaraan motor, mobil, hingga bus. Banyak bus yang parkir agak jauh dari Umbul Nilo mengingat sulitnya diakses untuk kendaraan besar. Maka dari itu Anda tidak perlu lagi memaksakan kendaraan besar Anda jika hendak menuju lokasi Umbul Nilo.

Umbul Nilo buka mulai pagi hari hingga sore hari, namun saya lebih senang berenang di umbul ini saat siang hari. Karena di umbul ini tidak terkena cahaya matahari secara langsung, mengingat banyaknya pohon yang mengitari umbul ini membuat umbul ini adem dan tidak panas walaupun di siang hari.

Rute untuk menuju Umbul Nilo juga tidaklah rumit, karena dekat dengan jalan besar utama yang menghubungkan Klaten dengan Boyolali layaknya Umbul Brintik yang ada di dekat jalan besar. Maka dari itu biasanya wisatawan yang melintasi jalur ini singgah terlebih dahulu untuk berenang di umbul ini.