Kontak IUP UGM
Kontak IUP UGM

Tes Fakultas Hukum IUP UGM

Posted on

Hello Guys, kali ini kami ingin share nih mengenai  pengalaman siswa kami yang mengikuti tes IUP fakultas hukum UGM. Nah untuk tesnya tuh diawali sesi pertama dengan  GMST (Gadjah Mada Scholastic Test). Soal-soalnya isinya dalam bahasa inggris semua, jadi saya saranin mantep-mantepin bahasa inggrisnya ya, listening and writing, sinonim, antonym dan lain – lain. Apalagi terkait istilah-istilah dalam matematika dll.  Detail tesnya terdiri apa aja sih? Nih silahkan kalian cek disini ya :

  • Sinonim dan antonim.

Kalian sebaiknya banyak menambah kosa kata dengan membaca atau mendengar dari berbagai sumber untuk menambah informasi dan wawasan kalian.

  • Matematika

Untuk matematika sih bisaanya yang jadi musuh anak ips kayak saya… hahaha (aljabar, trigonometri, mataematika model TPA. Ini semua wajib kalian pelajari ya. Ini bener-bener harus kalian persiapkan. Jangan mendadak ya, karena akan benar – sulit kalau kalau kalian mengerjakannya pake system SKS ( system kebut semalam ) bisa mabok guys.. hahaha

  • Untuk sisanya bisa dibilang mirip dengan Tes Potensi Akademis (TPA). Figural, numerik, dan verbal. Cuma bedanya ini pake bahasa inggris. Jadi yaaa, banyak-banyakin belajar TPA. Akan lebih baik kalau kalian latihannya langsung ngerjain soal yang dalam soal bahasa inggris. Agar kalian sekalian membisaakan diri dalam menghadapi bahasa dan istilah berbahasa inggris.

Kemudian  sesi kedua itu adalah AcEPT. AcEPT itu  adalah tes bahasa inggris ala-ala UGM. Jadi UGM sudah memiliki standarisasi sendiri mengenai kemampuan bahasa inggris calon mahasiswanya, jadi Acept itu sendiri yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa inggris calon mahasiswanya. Untuk jenis soalnya seperti gabungan Toefl dan SAT. jadi kalau kalian pernah tes toefl pasti bakal sangat membantu.

Tesnya lumayan lama guys, jadi fisik kalian memang bener-bener harus dijaga sebelum bertempur.  Jangan lupa sarapan ya. Penjagaan selama ujian sangat ketat guys, jadi jangan coba-coba bawa HP apalagi contekan. Tetap jujur ya guys biar hasilnya berkah. Amiin…
tahun ini, hasil ujiannya untuk non FK langsung diumumkan setelah tes. Bagi yang lulus tes GMST dan AcEPT,selanjutnya akan dipanggil untuk menjalani tes Essay guys. Ini bisa dibilang baru di tahun 2019 ini. Sebelumnya ga ada loh. Bentuk soal essaynya seperti ini :

Your motivation letter shall be in readable handwritings not exceeding this page and must contain the following :

  1. A brief description of who are;
  2. Your motivation in studying law;
  3. The reason (s) you chose to apply to the international undergraduate program at the Faculty of Law, Universitas Gadjah Mada; and
  4. Why we should grant you admission

Perlu diperhatikan, dalam pengerjaan soal essay. Baca baik – baik perintah yang diberikan dalam mengerjakan soal. Tidak diperbolehkan melebihi space yang udah disiapkan panitia tes. Jadi harus bisa menyesuaikan jawabannya ya guys.

Kurang lebih seperti itu guys informasi pengalaman yang udah tes di fakultas hukum IUP UGM 2019. Semoga postingan ini bisa membantu kalian dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian masuk IUP UGM. Ingin mendapatkan modul lengkap dan terbaru tentang sukses masuk IUP UGM? Atau ingin mendapatkan bimbingan secara intensif dari tentor-tentor terbaik baik tatap muka secara langsung maupun online? Bisa langsung saja hubungi kami di sini di https://iup-ugm.esmart-private.com.

Kontak IUP UGM
Kontak IUP UGM

KONTAK KAMI VIA WHATSAPP (ARI)

KONTAK KAMI VIA WHATSAPP (EEN)