Tips bagaimana cara memberikan/menyampaikan pidato yang baik dalam bahasa inggris
Tips bagaimana cara memberikan/menyampaikan pidato yang baik dalam bahasa inggris

Tips bagaimana cara memberikan/menyampaikan pidato yang baik dalam bahasa inggris

Posted on

Setiap pidato atau presentasi memiliki dua aspek utama:

  • APA yang Anda katakan (konten)
  • BAGAIMANA Anda mengatakannya (pengiriman)

Anda jelas memiliki banyak kendali atas konten, karena Anda dapat merencanakan apa yang ingin Anda katakan. Tetapi Anda juga dapat melakukan banyak hal untuk memastikan pengiriman Anda juga efektif. Nasihat berikut akan membantu Anda menyampaikan pidato yang kuat:

  • Ingat bahwa pendengar biasanya hanya memiliki satu kesempatan untuk memahami apa yang Anda katakan. Jadi, Anda harus melakukan apa saja untuk membuatnya mudah baginya untuk mengikuti ide-ide Anda.

Baca Juga :

Info lengkap belajar bahasa inggris
  • Cara terbaik untuk melakukan ini adalah “plang” pidato Anda. Pada awalnya, katakan bagaimana pidato Anda akan dibagi. Selama pidato, jelaskan kapan satu bagian telah selesai dan bagian berikutnya sudah dimulai. (Misalnya, “Sekarang saya telah menjelaskan beberapa penyebab polusi udara, saya ingin memberi tahu Anda apa yang bisa kami lakukan untuk mengurangi masalah.”) Di akhir pidato Anda, jelaskan bahwa Anda sudah selesai (mis. hanya dengan mengatakan “Terima kasih!”).
  • Bagian terpenting dari sebuah pidato adalah awal dan akhir. Pikirkan tentang kalimat pertama yang kuat yang akan menarik perhatian pendengar. Tenang dan percaya diri; beri kesan bahwa Anda siap dan memiliki sesuatu yang menarik untuk dikatakan. Akhiri dengan kalimat yang kuat: buat orang tertawa atau memberi mereka sesuatu yang provokatif untuk dipikirkan.
  • Latih pidato Anda sebelum hari besar. Khususnya berguna untuk memikirkan bagaimana dan di mana Anda akan berdiri / duduk, dan di mana Anda akan meletakkan materi Anda sebelum dan sesudah Anda menggunakannya. Berlatihlah menggunakan kartu ucapan Anda.
  • Berbicaralah dengan keras dan jelas. Ingat bahwa suara Anda (intonasi Anda) harus melakukan pekerjaan yang dilakukan tanda baca dalam tulisan Anda. Cobalah untuk tidak berbicara terlalu cepat. Jangan pernah hanya membaca catatan kalimat lengkap – itu membosankan dan membuat pidato Anda sangat sulit untuk diikuti.
  • Pastikan Anda dapat dilihat dan didengar. Jangan bersembunyi di balik seprai atau proyektor overhead Anda. Adalah penting bahwa setiap pendengar merasa Anda berbicara dengannya secara pribadi. Oleh karena itu, perhatikan sekeliling ruangan dan cobalah untuk melakukan kontak mata dengan semua orang di antara hadirin setidaknya sekali selama pidato Anda.
  • Berhati-hatilah untuk tidak mengganggu pendengar Anda dengan mengayunkan kursi, mengetuk kaki Anda, dll.

Baca juga :

Cara mudah belajar bahasa inggris dengan cepat
  • Sangat berguna untuk memasukkan materi visual dengan pidato Anda. Misalnya, jika Anda berbicara tentang tempat, tunjukkan peta. Jika Anda menggunakan angka, tulis untuk dilihat semua orang. (Sangat sulit bagi pendengar untuk menyimpan angka yang besar atau banyak di kepala mereka.)
  • Jika Anda ingin partisipasi audiensi menjadi sangat jelas apa yang Anda inginkan dari mereka. Jika Anda mengajukan pertanyaan, bersiaplah untuk jawaban aneh, dan berharap harus menjawabnya sendiri.