Tips bagaimana menjadi pembaca dalam bahasa inggris yang baik
Tips bagaimana menjadi pembaca dalam bahasa inggris yang baik

Tips bagaimana menjadi pembaca dalam bahasa inggris yang baik

Posted on

Pentingnya membaca

Membaca adalah keterampilan yang sangat penting. Dengan membaca, Anda belajar banyak dari apa yang perlu Anda ketahui untuk berbagai mata pelajaran di sekolah Anda. 

Membaca juga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan bahasa Inggris umum Anda. Anda hanya dapat belajar dari membaca, jika apa yang Anda baca tidak terlalu sulit.

 Untuk alasan ini, penting untuk mengetahui apa yang membuat teks sulit dan bagaimana Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk memahaminya.

Baca Juga :

Info lengkap terkait kursus bahasa inggris

Apa yang membuat teks sulit dipahami

Sebagian besar kesulitan membaca Anda akan disebabkan oleh masalah pada daftar di bawah ini. Tentu saja, ketika dua atau lebih dari masalah ini terjadi bersamaan, peluang Anda untuk memahami akan semakin kecil.

  • teks memiliki banyak kata yang tidak dikenal
  • teks itu memiliki kalimat yang panjang dan rumit
  • teksnya tentang topik yang tidak kamu ketahui
  • teksnya tentang topik yang menurut Anda membosankan
  • teks memiliki cetakan kecil, paragraf panjang, tanpa gambar
  • teksnya ditulis dengan buruk
  • kamu merasa lelah
  • Anda terganggu
  • Anda tidak tahu penanda kohesi yang penting
  • Anda tidak tahu mengapa Anda diminta membaca teks

Bagaimana memahami lebih banyak tentang apa yang Anda baca

Anda tidak dapat melakukan apa-apa tentang beberapa kesulitan membaca: misalnya, Anda tidak dapat mengubah cetakan dalam buku atau membuat tulisan yang buruk menjadi lebih baik. Tetapi ada banyak hal yang dapat Anda lakukan yang akan memberi Anda kesempatan lebih baik untuk memahami apa yang Anda baca. Berikut adalah beberapa saran:

1. Ketahui tujuan membaca Anda – Cara Anda membaca buku atau teks sangat tergantung pada alasan Anda membacanya. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk mengetahui tujuan membaca Anda. Anda harus membaca pertanyaan dalam ujian matematika dengan cara yang berbeda dari entri di ensiklopedia yang Anda cari dengan cepat untuk mengetahui tanggal suatu acara. 

Jenis bacaan yang Anda lakukan di kelas atau untuk pekerjaan rumah Anda berbeda dari cara Anda membaca novel untuk kesenangan dalam liburan musim panas.Jika Anda tahu tujuan membaca Anda – mungkin dengan melihat pertama pada pertanyaan yang harus Anda jawab setelah membaca – Anda dapat memilih metode membaca terbaik.Jika guru Anda memberi Anda sesuatu untuk dibaca dan tidak memberi tahu Anda apa yang perlu Anda ketahui dari teks atau apa yang akan Anda lakukan setelah membaca, tanyakan padanya (atau dia)!

2. Pilih kecepatan membaca yang tepat – siswa ESL sering membutuhkan waktu lama untuk melakukan pekerjaan mereka karena mereka membaca semuanya dengan lambat dan hati-hati. Namun, sering kali, salah satu metode speedreading berikut akan menjadi pilihan terbaik:

Skimming – ini membaca teks dengan cepat untuk mencari tahu informasi apa yang dikandungnya. Anda harus membaca sekilas ketika, misalnya, Anda ingin memeriksa apakah sebuah teks memiliki informasi yang Anda butuhkan untuk menjawab beberapa pertanyaan atau menulis sebuah proyek. Sering kali cukup dengan melihat kalimat pertama (dan terakhir) di setiap paragraf.

Memindai – ini dibaca dengan cepat untuk menemukan informasi tertentu. Anda harus memindai ketika, misalnya, Anda mencari jawaban untuk pertanyaan yang Anda tahu ada dalam teks.Secara umum, siswa harus berusaha meningkatkan kecepatan membaca mereka. (Klik untuk melakukan latihan membaca cepat .)

3. Dapatkan informasi latar belakang – Temukan sesuatu tentang topik yang harus Anda baca. Semakin banyak informasi latar belakang yang Anda miliki, semakin mudah untuk memahami teks. Anda bisa mendapatkan latar belakang informasi latar belakang ini dalam bahasa Anda sendiri. 

Misalnya, jika Anda mempelajari Renaisans Italia, Anda dapat membaca ensiklopedia atau buku teks dalam bahasa Anda sendiri untuk mengetahui detail paling penting tentang periode sejarah ini. Orang tua Anda mungkin juga dapat memberi Anda informasi latar belakang yang bermanfaat. 

Bicaralah dengan mereka dalam bahasa Anda.Terkadang Anda bisa mendapatkan informasi latar belakang dari teks itu sendiri. Banyak penulis menyertakan kesimpulan atau ringkasan; jika Anda membaca ini terlebih dahulu, itu mungkin memberi Anda awal yang baik.

4. Gunakan semua informasi dalam buku ini – Buku teks yang bagus disusun dengan baik, dengan judul, sub-judul, perkenalan, ringkasan atau kesimpulan. Banyak buku juga memiliki gambar dengan caption. 

Lihatlah semua ini terlebih dahulu sebelum mulai membaca.Aspek lain dari penulisan yang baik adalah bahwa setiap paragraf memiliki kalimat topik. Kalimat topik adalah kalimat, biasanya yang pertama dalam satu paragraf, yang berisi gagasan utama paragraf. Jika Anda berkonsentrasi untuk memahami kalimat topik, ini dapat membantu Anda memahami apa yang terjadi selanjutnya.

4. Gunakan semua informasi dalam buku ini – Buku teks yang bagus disusun dengan baik, dengan judul, sub-judul, perkenalan, ringkasan atau kesimpulan. Banyak buku juga memiliki gambar dengan caption. Lihatlah semua ini terlebih dahulu sebelum mulai membaca.Aspek lain dari penulisan yang baik adalah bahwa setiap paragraf memiliki kalimat topik. Kalimat topik adalah kalimat, biasanya yang pertama dalam satu paragraf, yang berisi gagasan utama paragraf. Jika Anda berkonsentrasi untuk memahami kalimat topik, ini dapat membantu Anda memahami apa yang terjadi selanjutnya.

5. Tingkatkan kosakata Anda – Tentu saja, membaca itu sendiri adalah cara terbaik untuk meningkatkan kosakata Anda, tetapi ada banyak hal lain yang dapat Anda lakukan. ( Lebih banyak saran tentang belajar kosakata.) Semakin baik kosakata Anda, semakin mudah Anda menemukan bacaan Anda.

6. Gunakan kamus Anda secara masuk akal – Kesalahan umum siswa ESL adalah mencari setiap kata yang tidak dikenal dalam teks yang diberikan untuk dibaca. Kadang-kadang ini diperlukan – misalnya, ketika membaca pertanyaan ujian. Tapi itu butuh waktu lama dan bisa sangat membosankan. Itu bahkan dapat membuat pemahaman menjadi lebih sulit karena pada saat Anda mencapai akhir paragraf Anda telah melupakan apa yang Anda baca di awal! ( Saran tentang bagaimana dan kapan menggunakan kamus Anda .)

7. Pelajari kata-kata penting yang mengatur teks – Ketika Anda membaca teks dalam buku sains atau sejarah Anda, Anda akan menemukan bahwa kebanyakan penulis yang baik mengatur tulisan mereka dengan penanda kohesi (juga disebut kata transisi ). Ini adalah kata-kata yang menghubungkan berbagai bagian tulisan dan membantu penulis menyusun pemikiran mereka. Jika Anda mempelajari penanda kohesi yang penting, Anda akan lebih mudah memahami teksnya.

8. Pilih tempat yang tepat untuk membaca – Anda tidak dapat benar-benar berharap untuk memahami buku yang sulit jika Anda mencoba membaca di ruangan yang sama dengan televisi menyala dan adik laki-laki Anda mengganggu Anda. Hal yang sama berlaku untuk membaca di bus dalam perjalanan ke sekolah. Anda juga tidak dapat berharap untuk membaca buku teks dan mendengarkan musik pada saat yang bersamaan. Cobalah untuk menemukan tempat yang tenang dan nyaman dengan cahaya yang baik, dan kamus Anda dan bahan lainnya di dekatnya.

9. Pilih waktu yang tepat untuk membaca – Jika Anda memiliki teks yang sulit dibaca untuk pekerjaan rumah, mungkin sebaiknya lakukan ini terlebih dahulu. Jika Anda membiarkannya sampai terakhir ketika Anda lelah, Anda akan merasa lebih sulit.

Cobalah untuk tidak membaca sesuatu yang terlalu sulit – Seharusnya tidak ada lebih dari sekitar 6-10 kata baru per halaman; membaca untuk kesenangan seharusnya bukan kerja keras!

Baca juga :

Cara mudah belajar bahasa inggris dengan cepat

Membaca buku-buku mudah itu baik untuk Anda -Anda akan meningkatkan keterampilan membaca Anda bahkan jika Anda membaca buku-buku sederhana, selama Anda membaca banyak buku . (Tetapi Anda mungkin mendapati Anda tidak terlalu menikmati cerita yang ditulis dalam bahasa Inggris yang terlalu disederhanakan.)

Cobalah membaca beberapa non-fiksi – Membaca buku atau majalah non-fiksi akan membantu Anda mempelajari beberapa kata yang perlu Anda lakukan dengan baik di kelas pelajaran Anda. Ada jutaan halaman non-fiksi di dunia web!

Pilih sesuatu yang menarik bagi Anda – Ini jelas. Bahkan, jika Anda benar-benar tertarik pada suatu topik, Anda mungkin akan dapat memahami teks yang biasanya terlalu sulit bagi Anda.

Berselancar di internet – Anda dapat belajar banyak bahasa Inggris hanya dengan berselancar di situs web yang menarik minat Anda. Ini terutama benar jika halaman web berisi gambar yang membantu Anda memahami penulisan.