Tips Beasiswa PPA
Tips Beasiswa PPA

Tips Beasiswa PPA Yang Harus Diketahui

Posted on

Tips beasiswa PPA yang banyak dicari para mahasiswa. Beasiswa yang didapatkan memang banyak diincar. PPA sendiri merupakan singkatan dari peningkatan prestasi akademik berasal dari Kemenristekdikti. Oleh sebab itu beasiswa ini mempunyai persyaratan yang secara mutlak harus dipenuhi para penerimanya. Namun Disamping itu ada berbagai tips yang bisa digunakan agar memperbesar peluang untuk lolos. Berikut adalah tips-tips nya.

Mempunyai IPK di Atas 3,00

Tips mendapatkan beasiswa PPA yang pertama adalah mempunyai efek yang di atas 3,00. Hal ini tampaknya sudah menjadi persyaratan yang bukan lagi dirahasiakan karena sering kali IPK menjadi tolak ukur untuk melihat peningkatan prestasi akademik itu sendiri. Transkrip nilai yang dilampirkan sebaiknya menentukan IPK diatas 3,00 atau minimal 3,00.

Apabila sudah diatas 3,5 maka hal tersebut akan lebih baik. Terlebih lagi apabila pendaftarnya Kakak bisa jadi cara mengeleminasi nya dengan IPK. Untuk itu IPK diatas 3,5 akan dianggap lebih berpeluang apabila jumlah pendaftarnya banyak. Namun perlu digarisbawahi walaupun tidak mempunyai IPK sampai 3,5 namun taksi nasional dan internasional maka hal itu bisa menjadi modal besar untuk mendapatkan beasiswa PPA.

Sedini mungkin mulailah untuk mengembangkan diri di tingkat jurusan fakultas hingga Universitas sehingga banyak kegiatan dan bisa mengukir prestasi. Dengan begitu pihak Universitas fakultas bisa melihat potensi yang ada dan menjadi pertimbangan untuk meloloskan untuk menerima beasiswa PPA.

Ikutilah Berbagai Macam Lomba

Tips beasiswa PPA yang kedua adalah Mengikuti berbagai macam lomba yang diadakan di tingkat kampus maupun di luar kampus. Tidak bisa dipungkiri menjadi seorang mahasiswa dituntut untuk berprestasi. Kehadiran beasiswa PPA juga menjawab hal tersebut karena sesungguhnya diberikan kepada mereka mahasiswa yang mempunyai prestasi. Ketika ada lomba yang diadakan maka sebaiknya jangan sungkan untuk mengikutinya. Setidaknya jadikanlah itu pengalaman yang banyak memberikan pelajaran. Misalnya saja pada lomba tertentu sudah bisa menjadi finalis maka hal tersebut akan membuka kesempatan lebih banyak lagi untuk naik peringkat pada perlombaan berikutnya. 

Biasanya dalam lomba akan diberikan sertifikat. Dokumen berupa sertifikat inilah yang turut dilampirkan saat memberkasi beasiswa PPA. Apabila ada kesempatan untuk mengikutinya baik itu di tingkat jurusan fakultas maupun Universitas serta lomba di luar maka jangan sia-siakan kesempatan tersebut. Meskipun demikian perlu diingat jangan sampai menyia-nyiakan perkuliahan.

Tidak Boleh Menerima Beasiswa Dari Pihak Lain

Perlu diketahui bahwa salah satu persyaratan untuk menerima beasiswa untuk Mahasiswa S1 PPA  adalah tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain. Biasanya untuk memastikan hal tersebut akan ada syarat komen merubah surat keterangan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain. Bagi penerima beasiswa seperti Bidikmisi maupun beasiswa lainnya yang berasal dari Dikti sudah pasti akan tereliminasi apabila ketahuan mendaftar. Hal ini mengindikasikan bahwa dia ingin penerimaan beasiswa supaya bisa dirasakan secara menyeluruh. 

Lampirkan Sertifikat Prestasi Ekstrakurikuler Lebih Dari 5

Meskipun hal ini lebih ada hal yang sifatnya subjektif, tetapi juga perlu untuk dipertimbangkan. Menggambarkan seberapa aktif mahasiswa yang bersangkutan dalam pengembangan dirinya melalui kegiatan ekstrakurikuler. Oleh karena itu 5 sertifikat prestasi ekstrakurikuler akan lebih baik untuk dilakukan. Semakin banyak sertifikat yang dilampirkan tentu peluang untuk lolos nya akan semakin besar.

Jangan Lupa Berdoa

Ketika semua tip sudah dilakukan maka yang terakhir adalah berdoa. Dalam Doa tentu ada harapan yang bisa menguatkan semangat serta menambahkan hati apabila tidak diterima. Oleh sebab itu jangan menyepelekan kekuatan doa karena rezeki bisa datang dari mana saja dan dari arah yang seringkali tidak diduga-duga. Berbagai tips lainnya juga bisa dilihat di pmbuntar.com khusus beasiswa untuk S1. Demikianlah informasi mengenai Tips beasiswa PPA. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.