WC Kamu Sering Mampet? Ketahui 4 Cara Ampuh Untuk Mengatasi WC Yang Mampet

Posted on

Apakah kamu pernah mengalami kesulitan saat menekan tombol fulsh di kloset duduk usai membuang air besar ataupun kecil? Penyebab terbesarnya adalah WC nya mampet. Kondisi kejadian seperti analogi diatas tentu sangat membuat kamu pusing dan jengkel terlebih dapat pula membuat penghuni rumah lainnya tidak bisa menggunakan wc yang mampet tadi.

Mungkin kamu bertanya-tanya apa yang menyebabkan analogi peristiwa tadi terjadi? bagaimana penanganan nya? Yuk, kita simak pemaparan di bawah ini!

Membuang sampah ke WC Mampet

WC mampet karena tisu ada di dalam kloset

shutterstock.com

Kita sering menemukan iklan masyarakat di berbagai media sosial maupun media elektronik tentang sampah ini, dilarang membuang sampah sudah menjadi kata yang biasa kita dengar sehari – hari namun apakah kamu tahu kalau dengan hanya membuang satu bungkus tisu saja dapat membuat WC kamu tersumbat?

Kok Bisa?

Jelas bisa karena tisu tersebut menghambat aliran air yang keluar dari kloset duduk atau saluran air.

Agar hal ini tidak terjadi maka jangan membuang sampah kedalam toilet / wc, Selesai perkara 😀 .

Apabila telah terjadi maka kamu bisa menggunakan alternatif pembersihan menggunakan penyedot WC.

Menggunakan Sabun Cuci Piring dan Di Basuh Dengan Air Panas

cara mengatasi wc mampet dengan sabun cair

youtube.com

Untuk melakukan cara ini, kamu hanya perlu menyediakan 1 buah cangkir sabun cuci piring yang cair, air panas sekitar 2000ml dan 1 buah handuk.

Step by step:

  • Letakan handuk di sekitaran lantai WC untuk melindungi lantai dari tumpahan air
  • Masukan sabun cuci kedalam WC kemudian diamkan hingga mengendap.
  • Tuangkan air panas
  • Diamkan selama kurang lebih 20 menit
  • Kemudian flush wc untuk mengecek apakah masih tersumbat atau tidak
  • Bila cara ini masih gagal, kembali ke cara yang pertama. ulangi hingga benar benar tidak mampet

Baking soda dan cuka

kombinasi baking soda dan cuka untuk mengatasi wc mampet

shutterstock.com

Baking soda dan cuka selalu menjadi pilihan para keluarga untuk mengatasi ragam permasalahan rumah dimulai dari sekedar membersihkan noda yang kecil hingga mengatasi westafel yang tersumbat sekalipun, kamu bisa mengatasi wc mampet dengan kedua cara tersebut dengan cara menebarkan satu gelas cangkir baking sida ke dalam permukaan air WC kemudian tunggu hingga mengendap.

Beri waktu satu jam agar baking soda dan cuka bekerja dengan baik saat memainkan perannya dalam mengatasi wc mampet kemudian flush wc. apabila masih ditemukan WC nya mampet lakukan dengan cara menambahkan cuka dan baking soda lagi dan ulangi langkahnya dari point pertama hingga selesai

Atasi WC Mampet Dengan Gantungan Baju Kawat

gantungan baju kawat untuk mengatasi wc mampet

shutterstock.com

Mengatasi WC mampet tidak hanya menggunakan bahan yang cair, ternyata bahan padat pun bisa digunakan untuk membersihkan WC yang mampet, Cara ini bisa dilakukan apabila di WC tersebut terdapat benda yang mampet dan posisinya tidak berada jauh dari corong. Silahkan sediakan hanger kawat, potong & luruskan, ujung nya harus di bungkus kain kerca dan selotip agar WC tidak rusak.

Segera mulailah cara mengatasi wc mampet menggunakan hanger ini dengan memasukan ujung lancip tersebut kedalam wc yang mampet tersebut. Teknik ini biasa dilakukan hanya untuk mendorong benda yang menghalangi aliran arus air yang berada tidak jauh dari corong. Tekan tombol flush, apabila ditemukan masih mampet, silahkan gunakan alternatif metoda lain.

Menggunakan plastik pembungkus makanan

gulungan plastik penutup makanan dapat mengatasi wc mampet

shutterstock.com

Kamu juga bisa menggunakan plastik pembungkus yang suka bertebaran di supermarket kesayangan kamu untuk mengatasi WC mampet, untuk mulai menggunakannya, kamu hanya cukup menyediakan plastik pembungkus makanan kemudian gunakan plastik tersebut untuk menutupi area tempat duduk WC. Selalu pastikan plastik tersebut benar-benar menempel.

Cara ini bekerja dengan menekan balik udara kedalam WC yang mampet sehingga benda yang menyumbat WC terdorong oleh udara tadi, kaboom! WC pun kembali seperti sedia kala.

Kesimpulannya adalah jangan pernah membuang sampah dan benda tajam kedalam WC.