Bedah Jantung Robotik Sebuah Inovasi dalam Kardiologi

Posted on

Kami harap Anda tidak pernah mengalami serangan jantung, serangan jantung atau penyakit jantung lainnya, tetapi jika Anda melakukannya dan operasi adalah satu-satunya harapan untuk bertahan hidup ada pilihan bedah yang aman dan invasif minimal untuk Anda- Bedah Jantung Robotik.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di banyak negara kaya, yaitu Inggris, Amerika Serikat, Kanada dan Australia. Dalam laporannya, berjudul “atlas global tentang pencegahan dan pengendalian penyakit kardiovaskular”, anatomi serangan jantung badan kesehatan yang bermarkas di Jenewa itu menyatakan bahwa penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke adalah penyebab utama kematian global.

Badan itu memperkirakan sekitar 17 juta orang meninggal karena beberapa jenis penyakit jantung setiap tahun, dan hampir 23,6 juta orang akan meninggal karena penyakit jantung pada tahun 2030.

Angka-angka baru-baru ini menunjukkan bahwa kejadian dan prevalensi penyakit jantung di Amerika Serikat telah meningkat secara mantap, terhitung 25,4% dari semua kematian.

Tergantung pada keseriusan kondisi jantung Anda, dokter Anda mungkin hanya merekomendasikan perubahan gaya hidup dan obat-obatan untuk mengendalikan penyakit. Tetapi jika keduanya tidak cukup, ada kemungkinan dokter Anda akan merekomendasikan operasi, alat medis (stent) atau prosedur khusus lainnya untuk mengobati kondisi jantung yang lebih serius.

Secara tradisional, perbaikan atau penggantian katup jantung dilakukan menggunakan prosedur jantung terbuka yang membutuhkan sayatan yang lebih panjang (panjang sepuluh hingga dua belas inci) dan kadang-kadang membutuhkan beberapa bulan untuk pemulihan.

Inovasi dalam Pembedahan Jantung

Hari ini, pembedahan jantung dengan bantuan robot telah mengubah cara operasi jantung tertentu dilakukan.

Bedah jantung robotik, juga disebut operasi jantung dada tertutup, adalah jenis operasi jantung minimal invasif yang memungkinkan ahli bedah jantung melakukan operasi jantung yang kompleks melalui lubang yang lebih kecil. Operasi juga membantu mengurangi stres bedah dan meminimalkan kehilangan darah, serta menawarkan pasien tinggal di rumah sakit lebih pendek dan pemulihan lebih cepat.

Dalam bedah jantung yang secara teknis canggih ini, ahli bedah jantung menggunakan sistem robot bedah yang dirancang khusus yang terdiri dari tiga bagian – konsol, lengan robot, dan menara instrumen yang berisi kamera kecil pengobatan jantung tanpa operasi.

Saat melakukan operasi, ahli bedah duduk di konsol komputer untuk mengontrol lengan robot tipis dari jarak jauh yang dilengkapi dengan peralatan bedah dan kamera kecil (endoskop) di mana ahli bedah melihat gambar tiga dimensi dari daerah yang sedang dioperasikan.

Lengan robot meniru gerakan tangan, pergelangan tangan, dan jari ahli bedah ketika ahli bedah mengontrolnya dari jarak jauh dari konsol sistem.

Mesin da Vinci, yang dibangun oleh Intuitive Surgical Inc., dan Zeus Surgical System, oleh Computer Motion, California, AS, adalah dua sistem robot bedah yang saat ini digunakan sebagai pengganti instrumen operasi tangan.

Prosedur Bedah Jantung dengan Bantuan Robot

Kondisi jantung yang dapat diobati dengan penggunaan bantuan robot meliputi:

Arteri Endoskopi bypass grafting (CABG)

arteri koroner Benar-benar endoskopi pintas grafting (TECAB)

perbaikan katup trikuspid dan penggantian

mitral perbaikan katup atau penggantian

Dikombinasikan operasi katup mitral dan trikuspid

Atrial septal defect (ASD)

Atrial myxoma dan trombus

Paten foramen ovale (PFO) perbaikan

Pengangkatan tumor jantung

Penempatan timah pada permukaan ventrikel kiri selama alat pacu jantung biventrikular

Ablasi untuk pengobatan fibrilasi atrium

Tumor jantung dan dada toraks

Massa mediastinum

Pengangkatan massa epikardial

Manfaat

Kurang pasca-operasi nyeri

Secara substansial lebih kecil dan sayatan kurang-trauma

kurang jaringan parut

Mengurangi trauma pada tubuh

rendah risiko infeksi luka

Menghilangkan kebutuhan untuk membelah tulang dada (sternum) dan menyebarkan rusuk

Mengurangi kehilangan darah dan transfusi lebih sedikit

tinggal di rumah sakit lebih pendek (3 sampai 5 hari)

Pemulihan lebih cepat dan lebih cepat kembali ke aktivitas dan gaya hidup sehari-hari

Meskipun bedah jantung robot dianggap aman dan efektif, tetapi tidak semua pasien adalah kandidat yang baik untuk bentuk operasi baru ini. Jadi, sangat penting untuk berdiskusi dengan dokter Anda tentang semua pilihan perawatan jantung, serta risiko, komplikasi, dan manfaatnya.