Keterampilan Kepemimpinan

Posted on

Tidak banyak orang yang bisa disebut pemimpin. Dikelilingi oleh orang-orang bisnis dan mahasiswa seusia saya, saya dapat melihat perbedaan antara orang yang memimpin dan orang yang berbicara tetapi tidak ada tindakan. Berikut ini adalah karakteristik utama yang menurut saya, sangat penting bagi seseorang untuk menjadi pemimpin yang baik.

Sabar dan Rendah Hati

Unsur vital dalam membentuk pemimpin yang baik, tetapi mudah dilupakan. Kesabaran Kualitas Pemimpin yang Baik mengarah pada kesuksesan, kerendahan hati membuat orang memandang Anda. Pikirkan tentang itu, jika Anda tetap sabar ketika masalah menimpa Anda, Anda akan lebih tenang untuk mencari jalan keluar dan ketika Anda rendah hati dengan posisi Anda dan otoritas yang Anda miliki, orang akan merasa bahwa tidak ada penghalang antara Anda dan mereka. Dengan kata lain, mereka akan merasa sangat dihargai karenanya, lebih terbuka untuk berbicara dengan Anda, dan memilih Anda sebagai pemimpin mereka tidak akan menjadi salah satu penyesalan mereka dalam hidup. Selain itu, kerendahan hati Anda akan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda adalah manusia normal seperti mereka dan rentan terhadap kesalahan. Dengan begitu, Anda selalu dapat mengandalkan mereka untuk membuat cadangan saat Anda menghadapi masalah.

Jujur dan Terpercaya

Jika pemimpin itu pembohong calon walikota medan dan selalu mengklaim pencapaian tim sebagai hasil dari pekerjaan mereka sendiri, siapa yang mau pemimpin seperti itu? Jika Anda ingin menjadi seorang pemimpin, pastikan orang-orang dapat mempercayai Anda, dan ketika Anda telah mendapatkan kepercayaan mereka, jangan pernah berpikir untuk mengkhianati itu. Mendapatkan kepercayaan mereka kembali setelah itu akan sangat sulit, saya jamin.

Jadilah Tepat Waktu dan Terorganisir

Menjadi seorang pemimpin tidak berarti Anda dapat membuat orang lain menunggu Anda juga tidak berarti Anda dapat memerintahkan orang untuk melakukan pekerjaan Anda untuk Anda. Jika Anda selalu terlambat untuk rapat, siapa yang akan berlari dan membimbing tim, jika bukan ‘pemimpin’ tim? Dan, jika Anda tidak dapat mengatur diri sendiri, bagaimana Anda bisa mengatur sekelompok orang yang selalu mencari jawaban untuk Anda?

Dengarkan dengan baik dan Be Understanding

Setiap orang memiliki komplikasi dan ketidaksepakatan mereka sendiri sesekali. Paling tidak yang bisa Anda lakukan adalah mendengarkan mereka dan membiarkan mereka berbicara. Mereka mungkin memiliki alasan sendiri untuk tidak setuju dengan Anda, tetapi bisa jadi saran mereka akan lebih baik bagi tim. Beri diri Anda waktu untuk memikirkan pro dan kontra. Jika dan ketika Anda menentukan cara Anda lebih baik daripada mereka, beri tahu mereka dengan sopan mengapa Anda berpikir berbeda dari mereka dan mengapa Anda berpikir solusi Anda lebih baik daripada mereka. Dalam kasus kesulitan pribadi, seperti kematian kerabat dekat, biarkan mereka pergi karena melewatkan pertemuan Anda dan mungkin, cobalah untuk meringankan rasa sakit mereka dengan membujuk mereka untuk mengeluarkan perasaan mereka, tunjukkan kepada mereka bahwa Anda peduli terhadap mereka.

Panduan dan Kerja

Banyak orang cenderung berpikir bahwa menjadi pemimpin memungkinkan Anda untuk memerintah orang di sekitar saat Anda duduk dan bersantai. Ini murni tidak benar dan tidak boleh terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Orang memilih Anda sebagai pemimpin bukan agar mereka dapat diajari dan diperlakukan seperti budak. Dengan segala cara, itu adalah agar Anda dapat membimbing mereka ke apa yang terbaik untuk tim dan memainkan bagian dalam pekerjaan, hanya agar pekerjaan itu dapat diselesaikan lebih cepat. Hanya dengan ini Anda akan mendapatkan rasa hormat mereka.